Jenis Mesin yang Dipakai Oleh Jasa Machining Manufaktur Bandung

Jasa machining manufaktur Bandung – Sebuah jasa yang bergerak di bidang industri pastinya membutuhkan bantuan mesin dalam proses produksinya. Dengan adanya alat-alat manufaktur maka bisa menghasilkan produk sesuai dengan target yang sudah direncanakan sejak awal. Misalnya dalam menciptakan sebuah alat cetak untuk produksi part plastik. Pastinya alat ini dibuat oleh sebuah mesin atau beberapa mesin terlebih dahulu. Jika sudah selesai dan siap pakai barulah didistribusikan ke pabrik-pabrik atau bisnis yang berkaitan dengan part plastik tersebut.

Nah berikut ini ada beberapa jenis mesin yang umum dipakai oleh perusahaan manufaktur dalam proses pembuatan sebuah produk mesin lain.

  1. Mesin Bubut

Jenis mesin ini merupakan ibu dari segala jenis mesin teknik, yang mana juga sering disebut sebagai mesin Lathe atau mesin Turning. Mesin ini memiliki mata pisau yang diam di satu titik. Mesin bubut ini akan memutar benda kerja untuk melakukan bermacam pengupasan material dan operasi permesinan. Untuk mesin bubut ini bisa menghasilkan bagian dan komponen besi, logam, logam non besi, plastik, dan kayu. Selain itu juga bisa melakukan pemotongan, pengamplasan, knurling, penekuk dan lainnya. Mesin bubut ini pun dijual dalam macam ukuran dan aksesoris.

  1. Mesin Milling

Sering disebut sebagai mesin penggilingan, dimana mesin ini menggerakan mata pisau untuk menghilangkan bahan yang tidak diinginkan. Benda kerja nantinya akan dipegang erat pada ragum vise pada meja kerja yang bisa dipindah dan alat putar untuk bergerak vertikal. Jenis pekerjaan utama yang bisa dilakukan oleh mesin ini adalah penggilingan wajah dan penggilingan periferal atau bahu.

  1. Mesin Gerinda

Roda abrasif pada mesin ini bisa berputar dengan kecepatan tinggi. Roda yang berputar ini memberikan sentuhan akhir pada benda dengan menghilangkan material kecil di permukaan. Hasilnya benda tersebut menjadi halus ketika diraba.

  1. Mesin Bor

Merupakan salah satu mesin wajib dan umum yang dipakai di sekitar. Mesin bor ini bisa dipakai untuk pekerjaan perbaikan rumah. Dari segi harga pun relatif lebih murah, mudah dipasang dan diganti aksesori atau mata bor jika sudah aus. Untuk mesin bor ini sendiri dipakai untuk membuat lubang pada logam. Selain digunakan untuk melubangi logam, mesin bor ini juga bisa dipakai untuk membuat lubang pada beton dan cor-coran.

  1. Mesin Machining Center atau Mukti-axis CNC

Apabila sudah memiliki mesin CNC ini maka mesin bubut dan mesin serupa tidak perlu dimiliki lagi. Pemesinan multiaxis sendiri merupakan proses pembuatan yang melibatkan alat bergerak dalam 4 arah atau lebih. Yang mana digunakan untuk membuat bagian dari logam atau lain dengan mengolah bahan berlebih. Mesin ini mampu beroperasi pada 4, 5, 6, dan 12 sumbu yang mana di kontrol secara individu lewat tuas bertumpu di pelat cam. Untuk mesin full CNC sendiri memang memiliki harga mahal karena sudah mendukung pemahatan dan pemotongan material dengan 3 sumbu,

  1. Mesin Shaper atau Pahat

Pada alat ini memakai alat potong titik tunggal yang bergerak linier untuk memotong benda kerja. Untuk mesin ini memang memiliki gerakan lambat dan pelan, tetapi mesin shaper ini mudah dipakai. Mesin shaper ini banyak dipakai untuk industri kecil dalam pembuatan gardan Involute Gear Cutting atau V, U, atau T-slot. Di industri besar, mesin ini sudah digantikan oleh mesin lain. Namun fungsi dasarnya masih disukai dan memiliki perawatan minim. Selain itu juga mesin ini sederhana dan kuat. Dimana mesin ini cocok untuk memotong komponen dengan ukuran besar.

  1. Mesin Broaching

Cara pakai dari mesin ini bisa dikatakan paling sederhana dibandingkan dengan mesin-mesin lainnya. Untuk mesin broaching ini ada pisau alat broaching, penahan kerja, mekanisme penggerak, dan kerangka pendukung. Meskipun memiliki komponen yang sedikit, namun bisa disesuaikan dengan beberapa aksesoris. Mesin broaching ini memiliki dua jenis, yakni horizontal dan vertikal. Dalam proses kerjanya menggunakan pisau alat bros atau bergigi untuk menghilangkan material atau benda kerja. Dari segi caranya memang mirip dengan mesin gergaji jig saw, tetapi mata pisau membutuhkan pelumas. Terdapat dua proses broaching, yaitu tipe linier dan putar.

  1. Mesin Gergaji

Untuk mesin gergaji ini ada tiga jenis yakni mesin gergaji serkel (circular saw), gergaji besi jig saw, gergaji band saw (gergaji pita). Mesin ini dipakai untuk memotong lembaran material atau memotong logam solid menjadi dua. Umumnya mesin ini dipakai oleh semua bengkel. Kendala yang sering dialami dari mesin ini adalah sering patah mata gergaji karena pengaturan tekanan dan penyetelan tidak sesuai material dan mesin.

  1. Mesin Planner

Mesin satu ini sangat mirip dengan mesin shaper dan yang membedakan hanya dari segi alat pemotong stasioner dan benda kerja dibuat bergerak linier. Mesin planner ini sendiri pun lebih besar dibandingkan dengan mesin shaper. Di zaman sekarang, mesin planner memang sudah usang tetapi belum menghilang dari dunia pengerjaan logam. Mesin planer biasanya dipakai oleh toko alat dan die lebih kecil untuk memperbaiki cetakan stamping dan cetakan injeksi plastik besar.

  1. Mesin Shearing

Digunakan untuk memotong logam. Untuk proses pemotongan ini tidak membentuk serpihan atau bahan sisa. Proses pemotongan yang serupa dengan ini adalah blanking dan piercing. Mesin shearing bekerja dengan menjepit material menggunakan pelat solid. Bilah bergerak dan turun melintasi bilah tetap untuk mencukur material. Blade yang bergerak bisa diatur pada sudut untuk memotong material secara progresif dari sisi ke sisi lain.

  1. Mesin Hobbing

Mesin ini mempunyai mata pisau unik. Untuk mesin hobbing ini dipakai membuat roda gigi dan splines. Biasanya mesin ini dipakai oleh bengkel skala menengah ke atas karena hanya memiliki satu fungsi saja. Mesin broaching ini menggunakan jenis alat pemotong khusus, harganya relatif murah dan dipakai untuk membuat roda gardan.

Pilih Jasa Machining Manufaktur Bandung Terbaik

Nah itulah beberapa jenis mesin yang banyak dipakai oleh industri manufaktur dalam membuat sebuah benda. Untuk Anda yang ingin bekerja sama dengan jasa machining manufaktur tetapi belum juga menemukan jasa terbaik. Pilihan tepat jika bekerja sama dengan RMT Manufacture. RMT Manufacture merupakan jasa yang melayani molding, fabrikasi, customized machining parts dan masih banyak lainnya. Sudah banyak konsumen yang melakukan kerja sama dengan RMT Manufacture dan mendapatkan hasil memuaskan. Dari segi harga pun terjangkau, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar untuk melakukan kerja sama.

Pelayanan yang diberikan oleh RMT Manufacture pun memuaskan dan Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu. Dengan begitu produk yang diinginkan akan sesuai dengan permintaan pastinya. Selain itu, RMT Manufacture juga memiliki mesin-mesin terbaik untuk membuat produk permintaan konsumen. Oleh sebab itulah, pastikan untuk memilih RMT Manufacture sebagai jasa machining manufaktur di Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.